tentang saya

Rabu, 02 September 2015

Sejarah Singkat

Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang merupakan institusi pendidikan tinggi yang dilandasi oleh suatu komitmen menyelenggarakan pengajaran, pendidikan, penelitian, dan pengabdian yang dapat memperkuat bangsa yang berakhlak mulia dan berkarakter unggul serta bersaing dalam kehidupan antar bangsa.
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdiri pada tahun 1964, atas prakarsa tokoh-tokoh dan pimpinan daerah Muhammadiyah malang. Universitas Muhammadiyah Malang merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, yang didirikan oleh yayasan perguruan tinggi muhammadiyah jakarta dengan akta notaris R. Sihojo Wongsowidjojo di jakarta No. 71 tanggal 19 Juni 1963 berdasarkan Gouverment Besluit Nomor 81 tanggal 22 Agustus 1914.
Pada awalnya Universitas Muhammdiyah Malng mempunyai 3 (tiga) fakultas yaitu fakultas ekonomi, fakultas hukum, fakultas pendidikan dan pengajaran (FPP) jurusan pendidikan agama. Ketiga fakultas ini mendapat status terdaftar dari departemen pendidikan dan kebudayaan, direktorat jendral pendidikan tinggi pada tahun 1966 dengan surat keputusan Nomor 68/B-Swt/p/1996 tertanggal 30 Desember 1996
Pada tanggal 1 Juli 1968 Universitas Muhammadiyah malang resmi menjadi universitas yang berdiri sendiri (terpisah dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta) yang penyelenggaraanya berada di tangan yayasan perguruan tinggi Muhammadiyah malng, dengan akta Notaris R. Sodiono, No. 2 tertanggal 1 Juli 1968. Pada perkembangan berikutnya akta ini kemudian diperbaharui dengan akta notaris G. Kamarudzaman No. 7 tanggal 6 Juni 1975 dan diperbaharui lagi dengan akta notaris Kumalasari, S.H No. 026 tanggal 24 November 1988 dan didaftar pada Pengadilan Negeri Malang No. 88/PP/YYS/XI/1988 tanggal 28 November 1988
Sampai tahun 2014 ini telah dibuka beberapa program studi baru, serta peningkatan statusnya, program studi yang dibuka adalah progam studi hubungan internasional, program studi tehnik informatika dan program studi farmasi, S1 ilmu keperawatan, pendidikan S1 PGSD, S1 Fisioterapi, S1 ekonomi syariah dan akuntansi.
UMM diusia 51 (1964-2015) terus berbenah untuk mewujudkan visi menjadi universitas terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, tehnologi, dan seni (IPTEKS) berdasarkan nilai-nilai Islam. Sejak tahun 1983 UMM mengalami perkembangan pesat, baik dalam peningkatan akreditasi program studi dan institusi, sumber penjamin mutu internal, pemantapan sistem sentralisasi administrasi dan Desentralisasi akademik (SADAK), peningkatan saran adan fasilitas kampus, maupun peningkatan sumber daya manusia yang terdiri dari tenaga pendidik, kependidikan dan administrasi secara kuantitas dan kualitas.


Sumber : Buku panduan akademik UMM
              http://umm.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar