tentang saya

Kamis, 03 September 2015

Pesona Banyuwangi





Siapa yang tidak kenal dengan banyuwangi yang mepunyai beragam kesenian dan makanan khasnya, serta mempunyai keindahan alam yang sangat luar biasa. Wilayah kabupaten Banyuwangi cukup beragam, dari dataran rendah hingga pegunungan. Kawasan perbatasan dengan Kabupaten Bondowoso, Ibu kota Kabupaten Banyuwangi berjarak 290 km sebelah timur Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur. Dari Surabaya, Kabupaten Banyuwangi dapat dicapai dari dua jalur jalan darat, jalur utara dan jalur selatan . Jalur utara merupakan bagian dari jalur pantura yang membentang dari Anyer hingga pelabuhan Panarukan dan melewati kabupaten Situbondo. Sedangkan jalur selatan merupakan pecahan dari jalur pantura dari Kabupaten Probolinggo melewati Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Jember di kedua jalur tersebut tersedia bus eksekutif (pattas) maupun ekonomi.

Kota banyuwangi mempunyai banyak julukan, kesenian, tempat wisata serta makanan khas yang sangat enak pastinya, beberapa diantara julukan itu adalah sunrise of  java kenapa dijuluki dengan sunrise of  java karena kota banyuwangi adalah kota yang pertama kali terkena sinar matahari terbit di pulau Jawa. Banyuwangi juga sering dijuluki dengan sebutan kota santet, julukan ini terkenal sejak peristiwa memilukan ketika 100 orang lebih dibunuh secara misterius karena dituduh memiliki ilmu santet. Peristiwa ini dikenal luas oleh masyarakat dengan sebutan “tragedi santet”

Tak kalah menariknya, kota  banyuwangi mempunyai beragam kesenian. Salah satunya adalah tarian Gandrung. Tarian gandrung adalah tarian yang sangat terkenal dibanyuwangi, karena tarian ini menjadi maskot dari kabupaten Banyuwangi. Ada juga tarian seblang, di kota Banyuwangi tarian seblang ada dua, yaitu seblang Bakungan dan seblang olehsari.

Kota Banyuwangi juga mempunyai banyak makanan khas, salah satunya yaitu Rujak soto, sego tempong, kue bagiak khas banyuwangi, dan masih banyak lagi. Isi dari rujak soto itu sendiri adalah rujak yang dicampur dengan soto. Selama ini rujak dan soto mempunyai ciri yang berbeda, apa jadinya kalau rujak sayur itu dicampur dengan soto babat. Inilah yang menjadi keunikan makanan banyuwangi karena rujak soto ini mempunyai rasa yang tidak bisa ditebak. Namun sekali mencicipi pasti akan langsung ketagihan.

Kota Banyuwangi  ini bisa juga dijuluki dengan kota wisata, karena dikota banyuwangi ini banyak sekali tempat wisata yang sangat indah, salah satunya yaitu puncak dari gunung ijen, disana kita bisa melihat blue fire yang sangat indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar